Selasa, November 13

Memilih Lahan dan Membangun Tempat Tinggal ( 3 )

Setelah kita menjalani 3 step yaitu :
  • Niat
  • Modal / Biaya
  • Mencari lokasi / lahan
Kita beranjak pada step yang keempat yaitu :

 
4. Merancang dan Membangun Rumah Idaman
 Saya disini akan memfokuskan pembahasan pada membangun sebuah rumah baru di lahan kosong, karena disini mungkin akan membutuhkan pembahasan sedikit panjang lebar. Jika kita memutuskan membeli rumah yang sudah jadi, kita bisa langsung menempati atau merenovasi bagian bangunan sesuai kebutuhan kita.
Sedangkan jika kita memutuskan untuk membeli perumahan, kita tinggal memilih type rumah sesuai keinginan dan dana yang kita miliki, apabila ada perubahan / penambahan kita bisa langsung berkomunikasi dengan pihak developernya.
Terus bagaimana jika kita memutuskan membeli lahan kosong, sedangkan kita awam untuk urusan bangunan ?? nah ini yang butuh kita bahas lebih lanjut...
Hal - hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :
  • Apakah urusan tanah sudah selesai ? baik pembiayaan maupun surat - surat / sertifikatnya ?karena akan lebih baik jika urusan tanah dibereskan dulu sebelum kita memikirkan untuk membangun rumah.
  • Bagaimana keinginan anda dengan desain rumah anda ? ruang apa saja yang anda butuhkan dan anda inginkan ? apakah anda sudah punya pandangan seorang desainer yang bisa mendesain dan memperhitungkan biaya yang akan anda keluarkan nantinya ? karena jika tidak direncanakan dengan baik bukan tidak mungkin akan ada pengeluaran dana yang tidak perlu yang pada akhirnya akan membuat budget anda akan membengkak. carilah referensi model dan desain sebanyak - banyaknya, baik dari majalah, koran maupun internet.
  • Apakah anda sudah ada pandangan tukang yang bisa anda percaya, memiliki kredibilitas dan pengalaman yang cukup dan mengerti keinginan anda tentang desain yang anda inginkan ? karena hal ini menyangkut kepuasan anda dalam menempati rumah anda nantinya. carilah juga referensi upah tukang dan pekerja untuk wilayah kota anda, jika bisa dapat tukang berupah murah namun bagus garapannya kenapa tidak ?? hehehe....
  • Bagaimanakah dengan sisa dana anda ? apakah cukup untuk membangun rumah sampai selesai atau bertahap ? jika dana anda dikalkulasi tidak cukup, sangat dianjurkan untuk berkomunikasi dengan desainer atau tukang yang anda percaya, bagian - bagian apa yang bisa dibangun dulu disesuaikan dengan dana anda.
  • Apakah ijin bangunan ( IMB ) anda sudah anda urus ? jika belum sebaiknya diurus terlebih dahulu untuk menghindari masalah dikemudian hari.
  • Carilah referensi harga bahan bangunan dari beberapa toko bangunan di kota anda, karena jika anda bisa menemukan selisih harga yang lebih murah dari satu bahan bangunan, akan cukup berarti bagi efisiensi dana anda.
  • Teruslah berkomunikasi dengan desainer dan tukang anda mengenai struktur, campuran dan bahan bangunan yang akan anda pakai, karena kembali ke hal diatas jika ada jalan bagi anda untuk meminimalkan pengeluaran, kenapa tidak ??
  • Dan yang paling penting bekerjalah lebih giat dan banyak berdoa agar dana anda lancar dan proses pembangunan tidak macet...hehehehe....
Sekian dulu tips dari saya...semoga membantu.................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar